Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:05:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-04T02:43:59Z2019-01-29T17:23:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8119This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81192012-12-04T02:43:59ZMATHEMATICS ADVENTURE GAMES
BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS VI SD NEGERI JETIS 1Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi game untuk
media pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan
operasi hitung bilangan bulat, dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi tersebut
sebagai media pembelajan pada mata pelajaran matematika kelas VI SD Negeri
Jetis 1.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development.
Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan penilaian. Pengujian yang dilakukan berupa alfa testing yaitu
validasi oleh expert judgment yaitu ahli media dan ahli materi, beta testing uji
coba oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta
dengan melibatkan 30 orang siswa. Metode dalam pengumpulan data berupa
angket, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis statistik deskriptif dengan mengubah data hasil rata-rata penilaian ke
dalam interval penilaian kelayakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validasi pengambangan media
berbasis aplikasi game dari ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,32 pada kategori
sangat layak, ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,34 pada kategori sangat layak,
dan penilaian terhadap siswa kelas VI SD Negeri Jetis 1 diperoleh nilai rata-rata
4,36 pada kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
aplikasi game “Mathematics Adventure Games” ini layak digunakan sebagai
media dalam proses pembelajaran matematika kelas VI SD Negeri Jetis 1.
Berdasarkan hasil evaluasi nilai dan lama pemahaman, dapat disimpulkan bahwa
dengan metode pembelajaran berbasis aplikasi game dapat mempermudah siswa
kelas VI SD Negeri Jetis 1 dalam menerima dan memahami mata pelajaran
matematika.
Kata kunci : Role Playing Game, Media Pembelajaran berbasis Game, Operasi
Bilangan BulatABROR AHMAD FAIQ