Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:44:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-26T07:09:51Z2019-01-29T22:51:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19464This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/194642015-05-26T07:09:51ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
DENGAN SOFTWARE INTERAKTIF PADA KOMPETENSI
PRAKTEK MENGELAS JALUR LURUS POSISI BAWAH TANGAN
MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK N 2 WONOSARIABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
DENGAN SOFTWARE INTERAKTIF PADA KOMPETENSI
PRAKTEK MENGELAS JALUR LURUS POSISI BAWAH TANGAN
MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK N 2 WONOSARI
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran
dengan software interaktif Macromedia Flash sebagai pendukung pembelajaran
mata pelajaran las busur manual, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran
las busur manual untuk mata pelajaran las busur manual dan (3) mengetahui
efektivitas media pembelajaran las busur manual untuk mendukung pembelajaran
las busur manual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan
(Research and Development). Tahap pengujian dilakukan terhadap kelayakan
produk sebagai media pembelajaran. Validasi ahli dilakukan kepada dosen ahli
materi dan ahli media pembelajaran untuk mendapatkan masukan saran mengenai
kelayakan media dari segi materi maupun media. Pengujian kelayakan dilakukan
dengan metode kuesioner kepada teman sejawat dan siswa SMK N 2 Wonosari
Kelas X Jurusan Teknik Pengelasan. Metode yang digunakan untuk menganalisis
data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam
distribusi skor skala lima (skala Likert) terhadap kategori skala penilaian yang
telah ditentukan. Pengujian efektivitas media pembelajaran las busur manual
menggunakan metode pre-test & post-test dengan bentuk soal tes tertulis pilihan
ganda.
Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa: (1) desain media
pembelajaran yang dikembangkan adalah: halaman intro, halaman petunjuk,
halaman menu utama, halaman menu materi, halaman materi, halaman evaluasi,
dan halaman penutup, (2) hasil penilaian kelayakan media pembelajaran dari ahli
materi mendapat rerata skor sebesar 4,4 (sangat baik). Hasil penilaian ahli media
mendapat rerata skor sebesar 3,6 (baik). Hasil penilaian teman sejawat mendapat
rerata skor sebesar 4,0 (baik). Hasil penilaian siswa terhadap mendapat rerata skor
4,21 (baik), (3) hasil pengujian efektivitas media pembelajaran las busur manual
menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 7,08, kemudian pada post-test ratarata
nilainya naik menjadi 8,83, sehingga terjadi peningkatan nilai hasil tes
sebesar 1,75 atau nilai hasil tes meningkat sebesar 20 persen.
Kata kunci : Pengembangan, media pembelajaran, software macromedia flash,
las busur manual.SUGIYARTO AGUS