Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:49:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-27T00:05:36Z2019-01-29T22:51:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19463This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/194632015-05-27T00:05:36ZAPLIKASI
JAVA REMOTE METHOD INVOCATION
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Teknik
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
REMOTE AND MONITORING BERBASIS
(RMI)APLIKASI REMOTE AND MONITORING BERBASIS
JAVA REMOTE METHOD INVOCATION (RMI)
Oleh
Agus Setiawan
NIM. 07520244054
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi
Remote and Monitoring berbasis Java Remote Method Invocation(RMI).
Perangkat lunak aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai pengendalian dan
pengawasan jarak jauh pada komputer yang terhubung jaringan yang tidak
terbatas sistem operasi yang dipakai.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak
berorientasi objek dan dipadukan dengan model proses perangkat lunak waterfall
yang melalui 4 tahapan. Tahapan pertama, analisis kebutuhan, obeservasi terhadap
aplikasi remote system yang sudah ada, dan studi literatur. Tahapan kedua, desain
sistem meliputi use case diagram yang menggambarkan kegiatan actor terhadap
aplikasi dan sequence diagram menggambarkan urutan eksekusi aplikasi.
Tahapan ketiga, pengkodean meliputi, implementasi pengkodean dari desain
sequence diagram dan pengujian unit atau lebih sering disebut white-box testing.
Tahapan keempat, Pengujian terintegrasi meliputi pengujian black-box, pengujian
alpha yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui unjuk kerja aplikasi, dan
pengujian beta terhadap pengguna Focus Group Discussion Digital Networks and
Multimedia PUSKOM UNY.
Berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak Aplikasi Remote and
Monitoring berbasis Java Remote Method Invocation(RMI) menunjukkan bahwa:
1) Pengembangan aplikasi Remote and Monitoring berbasis Java Remote Method
Invocation melalui tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean dan
pengujian. 2) Unjuk kerja Aplikasi Remote and Monitoring berbasis Java Remote
and Monitoring berbasis Java Remote Method Invocation memiliki unjuk kerja
yang baik semua system yang diujikan dapat berjalan dan bekerja sesuai dengan
spesifikasi yang diinginkan. 3) Kelayakan aplikasi Remote and Monitoring
berbasis Java Remote Method Invocation dari segi usability adalah sangat layak
dengan persentase 82,14%.
Kata kunci: aplikasi, remote and monitoring, remote system, pengendalia jarak
jauh, java, remote method invocationSETIAWAN AGUS2012-12-11T02:31:06Z2019-01-29T17:39:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8561This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85612012-12-11T02:31:06ZPENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) pendapatan orang tua
terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, 2) prestasi belajar terhadap
minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, 3) pendapatan orang tua dan prestasi
belajar secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan subyek penelitian
siswa SMK N 7 Yogyakarta kompetensi keahlian administrasi perkantoran sebanyak
siswa 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dan
dokumentasi prestasi belajar. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis
Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Analisis
regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara
sendiri-sendiri terhadap variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh
kedua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat digunakan
analisis regresi ganda dengan dua prediktor. Sebelum menganalisis data terlebih
dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji
multikolinieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan
tinggi siswa kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan
persamaan regresi Y = 70,098 + 0,000 X1 dengan koefisien korelasi r sebesar 0,642;
koefisien determinasi (r2) sebesar 0,412 dan thitung sebesar 6,801. 2) terdapat pengaruh
positif dan signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan
tinggi siswa kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan
persamaan regresi Y = -262,887 + 0,612 X2 dengan koefisien korelasi r sebesar
0,612; koefisien determinasi (r2) sebesar 0,374; dan diperoleh thitung sebesar 6,283. 3)
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendapatan orang tua dan prestsi
belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kompetensi
keahlian Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = -
149,145 + 0,000 X1 + 2,798 X2 dengan (R) sebesar 0,729; (R2) sebesar 0,531 dan
nilai Fhitung sebesar 36,805. Besarnya pengaruh variabel pendapatan orang tua dan
prestsi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah sebesar
53,1% dengan rincian 29,0% hasil kontribusi pendapatan orang tua dan 24,1% hasil
kontribusi prestasi belajar, sedangkan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.SETIAWAN AGUS