Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:37:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-11-27T02:57:48Z2019-01-29T17:08:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7635This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76352012-11-27T02:57:48ZPENGARUH KEMAMPUAN KOGNITIF
TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MATA PELAJARAN
PRODUKTIF ALAT UKUR SISWA KELAS X
JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK
MUHAMMADIYAH PRAMBANANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan
Kognitif Terhadap Kemampuan Psikomotorik Mata Pelajaran Produktif Alat
Ukur pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK
Muhammadiyah Prambanan
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Jurusan
Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan yang
berjumlah 141 siswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 100 siswa
didasarkan atas rumus penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang
dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Variabel dalam penelitian ini terdiri
dari kemampuan kognitif sebagai variabel independent dan kemampuan
psikomotorik sebagai variabel dependent. Metode pengambilan data
menggunakan metode tes tertulis dengan soal uraian untuk kemampuan
kognitif dan tes unjuk kerja dengan pengamatan langsung untuk kemampuan
psikomotorik. Validitas instrumen ini menggunakan pengujian validitas
konstruk dengan penilaian jugdment experts dan pengujian validitas isi
dengan pengujian tingkat kesukaran dan daya pembeda, sedangkan reliabilitas
instrumennya menggunakan uji stanbility dengan rumus Product Moment.
Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji beda
atau t-test pada taraf signifikansi 5% dengan terlebih dahulu diadakan
pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji
homogenitas dan uji korelasional.
Berdasarkan hasil analisis menunjukan kemampuan kognitif
memberikan pengaruh terhadap kemampuan psikomotorik pada mata
pelajaran produktif alat ukur siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan
di SMK Muhammadiyah Prambanan, yang dibuktikan dengan hasil rhitung
sebesar 0,73 menunjukan hubungan variabel dalam kategori kuat dan thitung
sebesar 8,62 lebih besar dari ttabel (1,65). Hal ini membuktikan bahwa
kemampuan psikomotorik siswa yang memiliki kemampuan kognitif tinggi,
lebih baik dari pada kemampuan psikomotorik siswa yang memiliki
kemampuan kognitif rendah dalam mata pelajaran produktif alat ukur,
sehingga semakin meningkatnya kemampuan kognitif siswa dalam mata
pelajaran produktif alat ukur, akan diikuti dengan peningkatan kemampuan
psikomotoriknya begitu juga sebaliknya.KURNIAWAN AGUNG HUDI