Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:26:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-31T23:08:27Z2019-10-01T11:54:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43005This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/430052016-10-31T23:08:27ZLAPORAN
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester
khusus 2014 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Berbah telah dilaksanakan oleh
mahasiswa pada tanggal 02 Juli 2014 sampai 17 september 2014. Kelompok PPL di
lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari program pendidikan Ilmu Pengetahuan
Alam, pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
pendidikan Seni Tari, pendidikan Keterampilan dan kerajinan, pendidikan Jasamani
Kesehatan dan Rekreasi, dan program Bimbingan dan Konseling.
Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMP Negeri 2 Berbah, praktikan
mengajarkan materi Bahasa Indonesia kelas VII semester gasal. Persiapan mengajar
yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing,
pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, dan materi mengajar. Setiap kali
praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi
yang akan disampaikan kepada siswa. Praktikan melakukan praktik mengajar
mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas VII C dan kelas VII D. Dari
keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 28
kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program-program agar pelaksanaan PPL
berjalan dengan lancar.
Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Berbah antara lain
mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan
kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Secara umum,
program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama
melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil
dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal
yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua
pihak yang terkait.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan
pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran,
proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan
mengembangkan ilmu serta ketrampilanADISTYA OKA SANDI P ADISTYA OKA SANDI P2016-10-31T00:06:56Z2019-10-01T11:54:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42956This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/429562016-10-31T00:06:56ZLAPORAN
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester
khusus 2014 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Berbah telah dilaksanakan oleh
mahasiswa pada tanggal 02 Juli 2014 sampai 17 september 2014. Kelompok PPL di
lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari program pendidikan Ilmu Pengetahuan
Alam, pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
pendidikan Seni Tari, pendidikan Keterampilan dan kerajinan, pendidikan Jasamani
Kesehatan dan Rekreasi, dan program Bimbingan dan Konseling.
Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMP Negeri 2 Berbah, praktikan
mengajarkan materi Bahasa Indonesia kelas VII semester gasal. Persiapan mengajar
yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing,
pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, dan materi mengajar. Setiap kali
praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi
yang akan disampaikan kepada siswa. Praktikan melakukan praktik mengajar
mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas VII C dan kelas VII D. Dari
keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 28
kali. Selama PPL, praktikan juga menyusun program-program agar pelaksanaan PPL
berjalan dengan lancar.
Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Berbah antara lain
mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan
kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Secara umum,
program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama
melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil
dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal
yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua
pihak yang terkait.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan
pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran,
proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan
mengembangkan ilmu serta ketrampilanADISTYA OKA SANDI P ADISTYA OKA SANDI P