Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:57:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-03-19T06:45:25Z2019-01-30T16:08:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56237This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/562372018-03-19T06:45:25ZPENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA
TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMBUAT DOKUMEN
SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN
SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN
SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2016/2017Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017; (2) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017; (3) pengaruh minat belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan analisis regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebesar 10,4% dengan nilai signifikansi sebesar 0,029 < 0,05 dan thitung sebesar 2,436; (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebesar 31,5% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 3,897; (3) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebesar 31,7% dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan Fhitung sebesar 7,413.AUH ADA ULJANAH HERIANI2018-03-15T02:04:41Z2019-01-30T16:08:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56204This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/562042018-03-15T02:04:41ZPENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA
TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMBUAT DOKUMEN
SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN
SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN
SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2016/2017Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017; (2) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017; (3) pengaruh minat belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan analisis regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebesar 10,4% dengan nilai signifikansi sebesar 0,029 < 0,05 dan thitung sebesar 2,436; (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebesar 31,5% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 3,897; (3) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Membuat Dokumen siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Muntilan semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebesar 31,7% dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan Fhitung sebesar 7,413.
Kata kunci: Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Membuat Dokumen.AUH ADA ULJANAH HERIANI