Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:33:52ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-15T03:31:15Z2019-01-30T07:20:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31077This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/310772016-04-15T03:31:15ZPENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN
CNC DASAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN
CNC DASAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3
Penelitian ini bertujuan, (1) mendeskripsikan bagaimana proses
pengembangan modul CNC TU
pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
kelayakan modul CNC TU
kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
mengetahui efektivitas
XI kompetensi keahlian
Penelitian ini termasuk
Development) yang dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu
analisis kebutuhan, (2) melakukan perencanaan pengembangan, (3) pengumpulan
bahan, (4) pembuatan desain modul
ahli meteri dan media
analisis dan revisi II, (10)
produk akhir (13) implementasi. Validasi ahli dilakukan kepada dosen ahli
dan ahli media pembelajaran untuk mendapatkan masukan saran mengenai
kelayakan media dari segi materi dan media.
kepada 10 siswa kelas X
Uji coba kelompok besar dila
SMK Muhammadiyah 3
CNC TU-2A Dasar
menganalisis data kuesioner
diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah
ditentukan, sedangkan untuk uji hipotesis komparatif dua sampel berpasangan
digunakan rumus t-test
Hasil pengembangan produk media adalah layak di
terlihat dari validasi ahli materi dengan kategori “Sangat Baik” dengan nilai rata
rata 4,42, validasi ahli media dengan kategori “Sangat Baik” dengan nilai rata
4,53. Uji coba kelompok kecil dalam kriteria “baik”dengan nilai rat
coba kelompok besar dalam kriteria “baik”, dengan nilai rata
Produk modul CNC TU
(-6,39) adalah lebih kecil dari
hitung jatuh pada daerah penerimaan Ha.
Kata kunci : Pengembangan,
YOGYAKARTA
ABSTRAK
Oleh:
Achmad Shofyan Sholeh
NIM. 08503242021
TU-2A Dasar kelas XI kompetensi
Yogyakarta, (2) mendeskripsikan bagaimana
TU-2A Dasar yang dikembangkan untuk kelas XI
modul CNC TU-2A Dasar yang dikembangkan
teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
penelitian pengembangan
yaitu: (1) melakukan
is embuatan modul, (5) pengembangan produk awal
media, (7) analisis dan revisi I, (8) uji coba kelompok kecil, (9)
uji coba kelompok besar, (11) analisis dan revisi III
Uji coba kelompok kecil dilakukan
XI teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3
dilakukan kepada 24 siswa kelas XI teknik
Yogyakarta untuk mengetahui kelayakan produk
yang dikembangkan. Teknik yang digunakan untuk
adalah dengan statistik deskriptif
sampel berpasangan (related).
digunakan hal ini dapat
rata-rata sebesar 3,73.
TU-2A Dasar efektif. Hal ini dapat dilihat dari harga
t tabel (1,697) dengan taraf kesalahan 5%, harg
modul, CNC TU-2A Dasar
keahlian teknik
, Yogyakarta, (3)
untuk kelas
emesinan Yogyakarta.
(Research and
: engembangan awal, (6) validasi
(12)
materi
Yogyakarta.
eknik pemesinan
modul
kuantitatif yang
gunakan ratarata
rata-rata
rata-rata 3,45. Uji
t hitung
hargaSHOFYAN SHOLEH ACHMAD2015-06-30T03:25:08Z2019-01-30T00:23:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22068This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/220682015-06-30T03:25:08ZPENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN
CNC DASAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN
CNC DASAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3
Penelitian ini bertujuan, (1) mendeskripsikan bagaimana proses
pengembangan modul CNC TU
pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
kelayakan modul CNC TU
kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
mengetahui efektivitas
XI kompetensi keahlian
Penelitian ini termasuk
Development) yang dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu
analisis kebutuhan, (2) melakukan perencanaan pengembangan, (3) pengumpulan
bahan, (4) pembuatan desain modul
ahli meteri dan media
analisis dan revisi II, (10)
produk akhir (13) implementasi. Validasi ahli dilakukan kepada dosen ahli
dan ahli media pembelajaran untuk mendapatkan masukan saran mengenai
kelayakan media dari segi materi dan media.
kepada 10 siswa kelas X
Uji coba kelompok besar dila
SMK Muhammadiyah 3
CNC TU-2A Dasar
menganalisis data kuesioner
diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah
ditentukan, sedangkan untuk uji hipotesis komparatif dua sampel berpasangan
digunakan rumus t-test
Hasil pengembangan produk media adalah layak di
terlihat dari validasi ahli materi dengan kategori “Sangat Baik” dengan nilai rata
rata 4,42, validasi ahli media dengan kategori “Sangat Baik” dengan nilai rata
4,53. Uji coba kelompok kecil dalam kriteria “baik”dengan nilai rat
coba kelompok besar dalam kriteria “baik”, dengan nilai rata
Produk modul CNC TU
(-6,39) adalah lebih kecil dari
hitung jatuh pada daerah penerimaan Ha.
Kata kunci : Pengembangan,
YOGYAKARTA
ABSTRAK
Oleh:
Achmad Shofyan Sholeh
NIM. 08503242021
TU-2A Dasar kelas XI kompetensi
Yogyakarta, (2) mendeskripsikan bagaimana
TU-2A Dasar yang dikembangkan untuk kelas XI
modul CNC TU-2A Dasar yang dikembangkan
teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
penelitian pengembangan
yaitu: (1) melakukan
is embuatan modul, (5) pengembangan produk awal
media, (7) analisis dan revisi I, (8) uji coba kelompok kecil, (9)
uji coba kelompok besar, (11) analisis dan revisi III
Uji coba kelompok kecil dilakukan
XI teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3
dilakukan kepada 24 siswa kelas XI teknik
Yogyakarta untuk mengetahui kelayakan produk
yang dikembangkan. Teknik yang digunakan untuk
adalah dengan statistik deskriptif
sampel berpasangan (related).
digunakan hal ini dapat
rata-rata sebesar 3,73.
TU-2A Dasar efektif. Hal ini dapat dilihat dari harga
t tabel (1,697) dengan taraf kesalahan 5%, harg
modul, CNC TU-2A DasarSHOFYAN SHOLEH ACHMAD