Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:46:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-22T03:23:41Z2019-10-01T11:54:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37069This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/370692016-07-22T03:23:41ZLAPORAN PPL INDIVIDU
SDN TUKANGAN YOGYAKARTA
Pengembangan Kemampuan dan Profesionalitas Diri
Dalam Wujud Kontribusi Nyata Bagi SekolahPPL adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga
pendidikan, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan
manajerial kelembagaan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah sebagai wahana dan
sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku
kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran
sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok PPL di sekolah, mahasiswa diharapkan
dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam
merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan
sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa sebagai inovator, mediator,
problem solver, dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas
sekolah, baik secara fisik maupun non fisik.
Pelaksanaan PPL di SDN Tukangan dilakukan mulai tanggal 2 Juli 2014
sampai dengan 17 September 2014. Setelah melakukan observasi dan mengamati
kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang
dilaksanakan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik
mengajar. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 3 kali praktik mengajar
terbimbing, 2 kali praktik mengajar mandiri, dan 2 kali ujian praktik mengajar.
Pada dasarnya, seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun
ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, tetapi hambatan tersebut dapat diatasi
berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak
sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman
dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat
sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.A.Budiyanto A.Budiyanto