Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:08:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-30T02:17:03Z2019-01-30T00:22:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22034This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/220342015-06-30T02:17:03ZPEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SALAH SATU
SUMBER BELAJAR SISWA DAN GURU
DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA
SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMANABSTRAK
PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SALAH SATU
SUMBER BELAJAR SISWA DAN GURU
DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA
SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN
Oleh : A.A Gde Ekayana
NIM. 07502241009
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan
internet sebagai salah satu sumber belajar siswa dan guru beserta hambatanhambatannya
dalam penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar yang
ditinjau dari aspek kemampuan, proses belajar mengajar, lingkungan dan sarana
prasarana di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek
penelitian sekaligus populasi penelitian yang terdiri atas siswa kelas X sebanyak
32 siswa, siswa kelas XI sebanyak 31 siswa, siswa kelas XII sebanyak 32 dan
dewan guru sebanyak 9 guru. Data primer diambil dengan metode kuesioner
dengan angket sebagai instrumennya. Teknik analisa data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan internet sebagai
salah satu sumber belajar siswa dan guru di SMK Negeri 2 Depok Sleman berada
pada kategori tinggi, dengan ini berarti fasilitas yang ada disekolah maupun
dilingkungan sekolah sudah digunakan dengan optimal untuk mencari referensi
belajar maupun untuk pembelajaran di sekolah. Pemanfaatan internet sebagai
salah satu sumber belajar untuk siswa kelas X sebesar 75%, siswa kelas XI
sebesar 77.42%, siswa kelas XII sebesar 71.88% dan guru sebesar 66.66%.
Hambatan siswa dan guru dalam menggunakan internet sebagai salah satu sumber
belajar sebesar 69.47% siswa dan 77.77% guru mengatakan bahwa hambatan dari
aspek sarana prasarana pada kategori rendah. Ini berarti bahwa fasilitas atau
sarana prasarana yang ada di sekolah maupun dilingkungan sekolah sudah
memadai untuk digunakan oleh para siswa dan guru dalam mencari sumbersumber
belajar dan sebagai media untuk belajar. Selain dari segi sarana prasarana
hambatan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar juga berasal dari internet
yaitu makin banyaknya situs-situs pertemanan, seperti facebook, twitter, kaskus
dan situs-situs hiburan yang ada di internet yang mempengaruhi produktifitas
belajar siswa maupun guru.Ekayana A.A Gde