TY - THES ID - UNY9977 M1 - skripsi AV - public TI - UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD N PETINGGEN UR - http://eprints.uny.ac.id/9977/ Y1 - 2012/11/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran melalui model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD N Petinggen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran dan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan validitas instrumen menggunakan expert judgement. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran IPA siswa kelas IV di SD N Petinggen. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata kelas dari 6,85 pada siklus I meningkat menjadi 8,54 pada siklus II. Pada siklus I siswa yang mencapai batas minimal ketuntasan sebesar 45.16%, meningkat menjadi 87.10% pada siklus II. Kata kunci: Proses Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning. PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Utami, Yanuaristi Putri ER -