%0 Thesis %9 S1 %A Tutut Jati , Marheni %B FT %D 2013 %F UNY:9965 %I UNY %T EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) JENIS LKS UNTUK PENCAPAIAN HASIL PRAKTEK PEMBUATAN FRAGMEN GOLBI DALAM MATA PELAJARAN MULOK DI MADRASAH TsANAWIYAH PADURESO KEBUMEN %U http://eprints.uny.ac.id/9965/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pencapaian hasil praktek pembuatan fragmen golbi di MTs Padureso Kebumen; 2) efektivitas pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) jenis LKS pada kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk pencapaian hasil praktek pembuatan fragmen golbi di MTs Padureso Kebumen. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi eksperimen) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Padureso Kebumen berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara teknik random. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian unjuk kerja pembuatan fragmen golbi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pencapaian hasil paktek pembuatan fragmen golbi pada kelas eksperimen katagori tuntas 86,96% siswa, sedangkan pada kelas kontrol 21,74% . 2) Terdapat efektivitas penerapan metode pemberian tugas (resitasi) jenis LKS terhadap praktek pembuatan fragmen golbi, hal ini ditunjukkan dari hasil rerata penilaian unjuk kerja yang diperoleh yaitu kelas eksperimen sebesar 77,65 dan kelas kontrol 68,59, dan hasil perhitungan uji-t (t-test) diperoleh 6,203 > 1,680 dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penerapan metode pemberian tugas (resitasi) jenis LKS terhadap hasil praktek pembuatan fragmen golbi dalam pembelajaran muatan lokal busana pada kelas VIII di MTs Padureso Kebumen.