TY - THES TI - UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK MELALUI PENGGUNAKAN KOMPUTER BAGI SISWA PURIKIDS YOGYAKARTA AV - public M1 - skripsi ID - UNY9926 UR - http://eprints.uny.ac.id/9926/ Y1 - 2012/06// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi balok siswa Purikids Yogyakarta yang bertempat di Jl. Nangka II/199, Maguoharjo, Yogyakarta. Sebelum tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan, kemampuan membaca notasi balok siswa dipandang masih rendah. Melalui tindakan berupa penggunaan media software Encore, diharapkan kemampuan membaca notasi balok mereka meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research). Tindakan dilakukan dalam dua siklus setelah sebelumnya menggunakan pra siklus. Setiap akhir tindakan dalam satu siklus dilakukan pengamatan dan refleksi, kemudian disusun rencana terevisi untuk tindakan pada siklus berikutnya. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknologi software Encore yang terdiri dari beberapa tindakan, yaitu; 1) pengenalan simbol-simbol notasi balok dalam tampilan partitur Encore, 2) pengenalan keyboard menggunakan Virtual Keyboard pada menu Encore, 3) membaca partitur latihan dan lagu di Encore menggunakan keyboard. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif bersama seorang kolaborator sekaligus guru di Purikids Yogyakarta. Pengumpulan data diperoleh dari hasil nilai pre-test dan post-test. Selain itu, data juga diperoleh dari angket, wawancara siswa, serta pedoman pengamatan kolaborator. Pengumpulan data yang bersifat kolaboratif tersebut dianalisis secara kolaboratif juga oleh pengajar dan kolaborator, kemudian disimpulkan dengan menentukan skor rata-rata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media software Encore dapat meningkatkan kemampuan membaca notasi balok siswa Purikids Yogyakarta. Peningkatan terjadi pada seluruh aspek pembelajaran notasi balok. Hal tersebut dapat diketahui dari meningkatnya antusiasme dan sikap siswa dalam pembelajaran notasi balok. 90 % siswa menyukai pembelajaran notasi balok menggunakan media software Encore. Selain itu juga terjadi peningkatan skor kemampuan membaca partitur notasi balok latihan 1-10 dan lagu ?A Tisket, a Tasket. Hasil evaluasi mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa sebelum tindakan sebesar 52,8. Dari Pra-Siklus ke Siklus I terjadi peningkatan nilai sebesar 67,6. Dari Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan nilai lagi sebesar 78,4. PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A1 - Handiman , Sudrajat ER -