TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/9914/ KW - IPA KW - hasil belajar KW - multimedia pembelajaran Y1 - 2012/06/05/ A1 - Roisa Isna, Khikmawati PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ID - UNY9914 M1 - skripsi AV - public TI - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBANGSONGO TAHUN AJARAN 2011/2012 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan multimedia pembelajaran siswa kelas V SD Negeri Kembangsongo tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada tanggal 22 Maret sampai 03 April 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kembangsongo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan teknik kolaborasi. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes, dan sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data berupa deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Peningkatan pada aspek kognitif dibuktikan dengan hasil tes siswa pada pra tindakan yang meningkat sebanyak 14% pada siklus I, dimana multimedia diberikan pada akhir kegiatan pembelajaran setelah siswa melakukan percobaan. Pada siklus II pemberian tindakan multimedia pembelajaran diberikan pada awal kegiatan pembelajaran sebelum siswa melakukan percobaan, sehingga hasil tes meningkat sebanyak 20%. Pada aspek afektif, peningkatan dibuktikan dengan jumlah skor siklus I ke siklus II yang meningkat sebanyak 15%, dimana skor tersebut berada pada kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek psikomotor jumlah skor meningkat dari siklus I ke siklus II juga sebanyak 15%, dimana skor tersebut berada pada kategori sangat baik. Kata kunci : IPA, hasil belajar, multimedia pembelajaran ER -