@phdthesis{UNY9900,
          school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA},
            year = {2012},
           title = {KONTRIBUSI POLA ASUH DEMOKRATIS
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD
GUGUS I KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG
TAHUN AJARAN 2011/2012},
           month = {August},
          author = {Margani Yusuf },
        keywords = {pola asuh demokratis, prestasi belajar.},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pola asuh demokratis
terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Srumbung
Kabupaten Magelang tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian ex-postfacto. Pendekatan ex-postfacto di sini menggunakan jenis
criterion group study atau causal comparative research yaitu berusaha mencari
informasi tentang mengapa terjadi hubungan sebab akibat. Variabel yang diteliti
yaitu Pola Asuh Demokratis (X) dan Prestasi Belajar (Y). Populasi penelitian ini
adalah 214 siswa dengan sampel 140 siswa. Teknik pengambilan sampel
dilakukan secara acak (Sample Random Sampling). Pengumpulan data diambil
melalui metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk
mengumpulkan data variabel pola asuh demokratis, sedangkan metode
dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel prestasi belajar siswa.
Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan uji validitas dan
reliabilitas instrumen. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, dan uji
reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji persyaratan analisis data
menggunakan uji normalitas, linieritas, dan homogenitas. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Teknik analisis statistik
inferensial menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi (r2) pola
asuh demokratis dengan prestasi belajar sebesar 0,202. Hasil perhitungan tersebut
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pola
asuh demokratis dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan
Srumbung Kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/1012.
Kata kunci: pola asuh demokratis, prestasi belajar.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/9900/}
}