%I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T UPAYA PENGENALAN WARNA MELALUI PRAKTIK LANGSUNG DI TK ABA PURWODININGRATAN YOGYAKARTA %K Warna, praktik langsung, TK ABA Purwodiningratan %X Penelitian ini berjudul “Upaya Pengenalan Warna Melalui Praktik Langsung di TK ABA Purwodiningratan Yogyakarta” bertujuan untuk mengetahui cara pengenalan warna dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar anak dalam mengenal warna setelah melalui praktik langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru TK ABA Purwodiningratan dengan subyek yang diteliti 15 anak. Penelitian ini menggunakan model instrumen berupa lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar portofolio. Data diolah secara deskriptif kuantitatif dengan sumber data anak Kelompok A TK ABA Purwodiningratan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam penerapan praktik langsung pengenalan warna pada anak di TK ABA Purwodiningratan. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan rerata pada pos tes siklus I dan siklus II. Selisih hasil pos tes siklus I dan pos tes siklus II melalui daftar cek sebesar 3,40, melalui portofolio sebesar 2,60, dan melalui wawancara sebesar 2,67. Dengan demikian, pembelajaran praktik langsung untuk pengenalan warna dapat diterapkan di TK. Kata kunci : Warna, praktik langsung, TK ABA Purwodiningratan %A Nurjanah Ismi %L UNY9885