eprintid: 9884 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/98/84 datestamp: 2013-02-11 02:05:54 lastmod: 2019-01-29 18:21:48 status_changed: 2013-02-11 02:05:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nastiti Sri , Mulatsih corp_creators: Mardjuki, M.Si corp_creators: Mujinem, M.Hum corp_creators: Suryantiningsih, M.Ed title: MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BAGI SISWA KELAS V DI SD NEGERI KALINEGORO 6 MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: perpus subjects: pssd subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: public keywords: hasil belajar, media video, IPS abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan media video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas V SD Negeri Kalinegoro 6 Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kalinegoro 6 yang berjumlah 23 anak, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui pengamatan, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi secara empirik dan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang berkaitan dengan observasi dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif sedangkan data dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan ada 10 siswa atau 43% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Setelah dilakukan tindakan dengan media video di siklus I, hasil tes pada siklus I ada 21 siswa atau 91% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memvariasi media video di siklus II dengan memberi jeda (pause) dan guru memberi penjelasan saat video dijeda (pause) pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 22 siswa atau 95,65% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 68,69 sedangkan pada siklus II yaitu 77,40. Kata Kunci: hasil belajar, media video, IPS date: 2012-05-28 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi citation: Nastiti Sri , Mulatsih (2012) MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BAGI SISWA KELAS V DI SD NEGERI KALINEGORO 6 MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/9884/1/Bab%201%20-08108244041.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9884/2/bab%202%20-08108244041.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9884/3/Bab%205%20-08108244041.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9884/4/cover%20-08108244041.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9884/5/Daftar%20Pustaka%20-08108244041.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9884/6/Lampiran%20-08108244041.pdf