%0 Thesis %9 S1 %A Anisa Sukma , Wijayanti %A Dr. Muh. Nur Wangid, M.Si, %A H. Sujati, M.Pd, %A Purwandari, M.Si, %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9876 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Kata kunci: Persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kedisiplinan belajar %T HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/9876/ %X Penelitian ini bertujuan mengungkap hubungan perpsepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri Muntilan Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Muntilan Kabupaten Magelang, bulan April-Mei 2012. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk penelitian korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Seluruh siswa kelas V di SD Negeri Muntilan yang berjumlah 85 siswa menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala, sedangkan instrumen menggunakan skala persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan skala kedisiplinan belajar. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar. Artinya semakin tinggi persepsi siswa tentang perhatian orang tua maka semakin tinggi pula kedisiplinan belajarnya. Sebaliknya semakin rendah persepsi siswa tentang perhatian orang tua maka semakin rendah pula kedisiplinan belajarnya. Besarnya hubungan ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,520 dan termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: Persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kedisiplinan belajar