TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/9853/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak cerpen antara kelas yang diajar menggunakan wayang dan telling siswa kelas V SD Negeri Deresan, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Deresan dengan jumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil uji coba tes menunjukkan terdapat 5 butir yang tidak valid dari 35 butir soal dengan indeks reliabilitas 0,933. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan cara membandingkan mean kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui terdapat perbedaan rerata nilai kemampuan menyimak cerpen antara kelas yang diajar menggunakan wayang dan telling. Kelas yang diajar menggunakan wayang memiliki rerata sebesar 86,33, sementara kelas yang diajar dengan menggunakan telling memiliki rerata sebesar 71,06. Kata-kata kunci : Kemampuan Menyimak Cerpen, Wayang, Telling M1 - skripsi AV - public A1 - Anastasia Endah , Anastika Dewi PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TI - PERBEDAAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG DAN KELAS YANG DIAJAR DENGAN TELLING SISWA KELAS V SD NEGERI DERESAN KABUPATEN SLEMAN KW - Kemampuan Menyimak Cerpen KW - Wayang KW - Telling ID - UNY9853 Y1 - 2012/05/14/ ER -