%0 Thesis %9 S1 %A Widia , Astutiningsih %A Dwi Yunairifi,M.Si, %A Aprilia Tina Lidyasari,M.Pd, %A Dr. Siti Irine Astuti DW, M.Si, %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9844 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Penerapan teori Utami Munandar pada pengembangan 4 P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran, prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn %T PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NGULAKAN KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/9844/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teori Utami Munandar (1995) yaitu pengembangan kreativitas 4P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan karangsari pengasih Kulon Progo Tahun Ajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan Karangsari Pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2011/2012. Desain Pre-experimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah “oneshot case Study”. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan yang berjumlah 34 siswa.Instrumen yang digunakan adalah angket. Pengolahan data memakai teknik analisa regresi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn dengan rata-rata nilai siswa sebelum dilakukan treatment sebesar 71,90 dan setelah dilakukan treatment sebesar 74,89. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik uji t bahwa nilai t sebesar -22,380 dan sig 0,000 yang berarti nilai sig menyatakan < 0,05. Sumbangan kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 23,7%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngulakan karangsari pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2011/2012. Kata Kunci: Penerapan teori Utami Munandar pada pengembangan 4 P (Pribadi, Pendorong, Proses, Produk) dalam pembelajaran, prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn