TY - THES KW - hasil belajar kognitif KW - ilmu pengetahuan sosial KW - model pembelajaran kooperatif Jigsaw KW - model pembelajaran kooperatif STAD TI - PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN STAD PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN WATES Y1 - 2012/06/14/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY9829 A1 - Shintalasmi, Yulia A1 - Mujinem, Mujinem N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan Wates. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan Wates yang berjumlah 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa untuk kelompok eksperimen dan 23 siswa untuk kelompok kontrol. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD.Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan Wates. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil belajar kognitif IPS kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD selama tiga pertemuan. Hasil belajar kognitif IPS pertemuan pertama kelompok eksperimen mendapatkan 68,26 sedangkan kelompok kontrol mendapatkan 67,39. Perbedaan hasil belajar kognitif IPS pertemuan pertama pada kedua kelompok adalah 0,87. Hasil belajar kognitif IPS pertemuan kedua kelompok eksperimen mendapatkan 75,22 sedangkan kelompok kontrol mendapatkan 73,91. Perbedaan hasil belajar kognitif IPS pertemuan kedua pada kedua kelompok adalah 1,31. Hasil belajar kognitif IPS pertemuan ketiga kelompok eksperimen mendapatkan 77,39 sedangkan kelompok kontrol mendapatkan 74,35. Perbedaan hasil belajar kognitif IPS pertemuan ketiga pada kedua kelompok adalah 3,04. Secara umum, kedua jenis model pembelajaran ini memiliki perbedaan dalam substansinya. Model pembelajaran kooperatif Jigsaw memiliki ciri utama yaitu adanya kelompok asal dan kelompok ahli. Model pembelajaran kooperatif STAD memiliki ciri utama yaitu adanya kerja tim (kerja kelompok). Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPS pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan Wates. UR - http://eprints.uny.ac.id/9829/ M1 - skripsi AV - public ER -