%0 Thesis %9 S1 %A Sri , Indhah %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9825 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K kreativitas siswa, fasilitas belajar siswa di rumah, prestasi belajar siswa. %T HUBUNGAN KREATIVITAS SISWA DAN FASILITAS BELAJAR SISWA DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS I KECAMATAN BANTUL TAHUN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/9825/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas siswa dan fasilitas belajar siswa di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas V SD se-gugus I Kecamatan Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dari penelitian ini berjumlah 348 siswa. Sampel penelitian diambil berdasar nomogram Harry King yaitu 210 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data kreativitas siswa dan fasilitas belajar siswa di rumah diambil melalui angket, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata ujian akhir semester I tahun pelajaran 2011/2012. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 24 siswa. Uji validitas menggunakan rumus korelasi momen tangkar yang selanjutnya dikoreksi menggunakan korelasi bagian total, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha dan Cronbach, keduanya menggunakan cara internal consistency. Analisis data selanjutnya menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas, dan uji hipotesis dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan hasil perhitungan R = 0,524, F = 39,136, dengan p = 0,000. Hasil penelitian menunjukkan, 1) kreativitas siswa sebagian besar (82,86%) pada kategori sedang, 2) ketersediaan fasilitas belajar siswa di rumah sebagian besar (66,19%0 pada kategori sedang, 3) prestasi belajar siswa sebagian besar (54,29%) pada kategori baik, 4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kreativitas siswa dan fasilitas belajar siswa di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas V SD se-gugus I Kecamatan Bantul Tahun Pelajaran 2011/2012 baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Kreativitas siswa memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 16,084%, fasilitas belajar siswa di rumah memberikan sumbangan efektif sebesar 11,354%. Hal ini berarti kedua variabel memberi sumbangan efektif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 27,4%. Masih ada 76,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: kreativitas siswa, fasilitas belajar siswa di rumah, prestasi belajar siswa.