%K prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT),siswa kelas IV SDN Nanggulan Sleman. %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi Sumber Daya Alam dan Aktivitas Ekonomi dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas IV SDN Nanggulan Depok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan) dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Instrument tes sebelum digunakan terlebih dahulu divalidasi secara expert judgment. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa di kelas IVB SDN Nanggulan Depok, khususnya pada materi Sumber Daya Alam dan Aktivitas Ekonomi. Prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II. Akhir siklus I sebanyak 22 siswa (73,34%) sudah tuntas mencapai KKM, sedangkan hasil akhir siklus II semua siswa berjumlah 30 (100%) tuntas. Ada kenaikan nilai prestasi belajar IPS sebesar 26,66%. Kata Kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT),siswa kelas IV SDN Nanggulan Sleman. %A Surantini Surantini %L UNY9824 %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN NnggulN SLEMAN %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012