TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran di TK ABA Kuncen 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK ABA Kuncen 1 Yogyakarta, dengan jumlah murid sebanyak 24 anak yang terdiri dari siswa putra 8 anak dan siswa putri 16 anak. Objek penelitian adalah kemampuan berbicara anak yang meliputi keaktifan anak berbicara untuk mengungkapkan ide, kemampuan berbicara lancar dengan lafal yang benar dan partisipasi dalam bermain peran. Tindakan berupa pembelajaran melalui metode bermain peran. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi Metode Pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada aspek keaktifan anak berbicara untuk mengungkapkan ide sebelum tindakan diperoleh data 8,33%, siklus I diperoleh data 37,5%, dan siklus II diperoleh data 75%. Kemampuan berbicara lancar dengan lafal yang benar sebelum tindakan diperoleh data 12,5%, siklus I diperoleh data 41,67%, dan siklus II diperoleh data 87,5%. Partisipasi dalam bermain peran sebelum tindakan diperoleh data 12,5%, siklus I diperoleh data 45,83%, dan siklus II diperoleh data 87,5%. Kata kunci: kemampuan berbicara anak, bermain peran, TK ABA Kuncen 1 Yogyakarta M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/9820/ ID - UNY9820 KW - kemampuan berbicara anak KW - bermain peran KW - TK ABA Kuncen 1 Yogyakarta Y1 - 2012/07/20/ TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TK ABA KUNCEN 1 YOGYAKARTA PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A1 - Rohmawati , Miharjo AV - public ER -