%T KEMAMPUAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DALAM KETERAMPILAN MEMASANG PAYET KERUDUNG DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA %D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan memasang payet kerudung pada siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB, sebanyak satu orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan subjek dalam keterampilan memasang payet kerudung sebagai berikut: (1) mampu menyiapkan alat dan bahan, (2) mampu memilih dan menyamakan warna benang dengan bahan payet, (3) mampu memasukkan benang pada lubang jarum, (4) mampu memasang kain yang diberi motif pada papan ram, (5) mampu menempatkan masing-masing jenis dan warna payet pada masing-masing wadah, (6) masih dibantu guru dalam menusukkan jarum dari bawah ke atas kain kerudung. Dalam hal ini subjek belum bisa mengatur jarak antar payet, (7) mampu memasukkan jarum ke dalam lubang payet, dan (8) dapat memasang payet sesuai dengan motif desain. Kata kunci: kemampuan, memasang payet kerudung, siswa tunagrahita ringan %A Suharyati Suharyati %K kemampuan, memasang payet kerudung, siswa tunagrahita ringan %L UNY9816