%0 Thesis %9 S1 %A Siwi , Utaminingtyas %A Sungkono, M.Pd, %A Purwono, P.A, M.Pd, %A HB.Sumardi, M.Pd, %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9809 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K media video, kemampuan menyimak dongeng, Sekolah Dasar %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PANJATAN, PANJATAN, KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/9809/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menyimak dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Panjatan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan variabel terikat kemampuan menyimak dongeng, dan variabel bebasnya adalah media video. Desain penelitiannya adalah Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Panjatan yang berjumlah 45 siswa yang terdiri atas dua kelas. Kelas VA berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VB berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menyimak dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Panjatan tahun ajaran 2011/2012. Hal ini terlihat dari nilai postes yang dilaksanakan, dengan skor rata-rata kemampuan menyimak dongeng dengan menggunakan media video 75,6 sedangkan yang tidak menggunakan media video 61,2. Dari perolehan nilai tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan media video nilai yang diperoleh lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan media video, hal ini berarti ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan menyimak dongeng. Kata Kunci : media video, kemampuan menyimak dongeng, Sekolah Dasar