@phdthesis{UNY9803, month = {July}, author = { Anugrah Putranto}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS V SDN PERCOBAAN I YOGYAKARTA}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor materi menghitung luas bangun datar siswa kelas V SDN Percobaan I Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif mencapai persentase ketuntasan belajar 78,94\%, aspek afektif mencapai persentase ketuntasan belajar 63,42\% dengan kriteria baik, dan aspek psikomotor mencapai persentase ketuntasan belajar mencapai 66,44\% dengan kriteria baik. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif mencapai persentase ketuntasan belajar 89,47\%, aspek afektif mencapai persentase ketuntasan belajar 85,26\% dengan kriteria sangat baik, dan aspek psikomotor mencapai persentase ketuntasan belajar 91,48\% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Percobaan I Yogyakarta materi menghitung luas bangun datar. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Matematika Sekolah Dasar, Metode Penemuan Terbimbing.}, keywords = {Hasil Belajar Matematika, Matematika Sekolah Dasar, Metode Penemuan Terbimbing.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9803/} }