eprintid: 9798 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/97/98 datestamp: 2013-02-06 01:07:54 lastmod: 2019-01-29 18:18:47 status_changed: 2013-02-06 01:07:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agustin Arsa , Nurwiranti corp_creators: Drs. Sudarmaji, M.Pd. corp_creators: Drs. Sulis Triyono, M.Pd. corp_creators: Dra. Tri Kartika Handayani, M.Pd. corp_creators: Drs. Subur, M.Pd. title: KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN ispublished: unpub subjects: E5 subjects: perpus divisions: fbs_pend_bahasa_jerman divisions: upt_perpus full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa di SMA N 1 Prambanan Sleman antara kelas yang diajar dengan menggunakan teknik make a match dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan teknik make a match dalam pengajaran kosakata bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pre-post test. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas (X) berupa penggunaan teknik make a match dan variabel terikat (Y) yaitu penguasaan kosakata. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Prambanan Sleman. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 264 siswa. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI IPS 4 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi, validitas konstruk, dan validitas butir soal. Penghitungan koefisien korelasi dengan KR-20 diperoleh rxy= 0.915. Pengumpulan data dengan menggunakan tes penguasaan kosakata. Analisis data penelitian menggunakan uji-F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 3.263 lebih besar dari ttabel = 1.996. Pada taraf signifikansi α= 0.05 dengan db sebesar 66. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi penguasaan kosakata bahasa Jerman yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan teknik make a match dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional. Mean difference kelompok eksperimen sebesar 36.05 lebih tinggi daripada mean difference kelompok kontrol sebesar 33.35. Hal ini bearati bahwa pembelajaran kosakata bahasa Jerman dengan menggunakan teknik make a match lebih efektif daripada menggunakan teknik konvensional dengan bobot keefektifan sebesar 9.8 %. date: 2012-07-30 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA thesis_type: skripsi citation: Agustin Arsa , Nurwiranti (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/9798/1/BAB1%20-%2007203241005.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9798/2/BAB2%20-%2007203241005.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9798/3/BAB5%20-%2007203241005.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9798/4/COVER%20-%2007203241005.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/9798/5/LAMPIRAN%20-%2007203241005.pdf