%0 Thesis %9 S1 %A Novita , Ardiyansari %A Djoko Sri Sukardi,M.Si, %A Dra Suyatinah, M.Pd, %A Dr.Ishartini,M.Pd, %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9797 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K penguatan verbal, penguatan nonverbal, dan motivasi belajar %T HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN VERBAL DAN PENGUATAN NONVERBAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/9797/ %X Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mendeskripsikan hubungan antara penguatan verbal dan penguatan nonverbal dengan motivasi belajar siswa kelas V SD se gugus II kecamatan Kretek kabupaten Bantul tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex – postfacto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri se gugus II kecamatan Kretek kabupaten Bantul yang terdiri dari 3 SD dengan melibatkan seluruh populasi sebanyak 90 siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket yang ditunjang dengan lembar observasi. Uji validitas instrument menggunakan rumus Product Moment Pearson dan reliabilitas instrument menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Analisis skor angket dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung nilai rata-rata, range, standar deviasi, dan regresi ganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penguatan verbal memiliki rerata 40,18, range 27, dan standar deviasi 5,813, untuk penguatan nonverbal memiliki rerata 62,20, range 27, dan standar deviasi 6,004, sedangkan motivasi belajar memiliki rerata 100,67, range 45, dan standar deviasi 10,180. Besarnya sumbangan efektif penguatan verbal sebesar 37,052% dan penguatan nonverbal 57,348% terhadap motivasi belajar. Secara keseluruhan hubungan penguatan verbal dan penguatan nonverbal dengan motivasi belajar adalah (R = 0,944). Dari hasil tersebut berarti bahwa tingkat hubungan antara keterampilan memberikan penguatan verbal dan penguatan nonverbal dengan motivasi belajar signifikan, sehingga ada hubungan antara keterampilan memberikan penguatan verbal dan penguatan nonverbal dengan motivasi belajar siswa kelas V SD se-gugus II kecamatan Kretek kabupaten Bantul tahun ajaran 2011/1012. Kata kunci: penguatan verbal, penguatan nonverbal, dan motivasi belajar