@phdthesis{UNY9795, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2011}, month = {June}, author = {ISNURYATI ISNURYATI}, title = {MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LERING BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KALIAGUNG}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan cooperative lerning terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kaliagung. Penelitian ini merupakan Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas yang menggunakan modek Kemmis \& Targgart dan dilaksanakan dalam dua siklus. subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kaliagung Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun Pembelajaran 2010/2011. sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar IPS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anasilisis dekritif kualitatif dan kuantatif. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kaliagung. Menurut evaluasi siklus belajar Idari 30 siswa (36,67\%) mencapai KKM. Sedangkan hasil evaluasi siklus II menunjukan 23 dari 30 siswa (76,6\%) dapat mencapai KKM yang ditentukan, yakni sebesar 67. Kta kunci : Hasil Belajar IPS, Pendekatan cooperative lerning.}, keywords = {Hasil Belajar IPS, Pendekatan cooperative lerning.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9795/} }