@phdthesis{UNY9771, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, month = {July}, title = {HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 TEMPEL}, author = { Alfiyah Nurfiana}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9771/}, keywords = {adversity quotient, prestasi belajar matematika}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar matematika semester gasal pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel yang berjumlah 36 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala adversity quotient dan tes standar matematika. Validitas skala diuji menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan reliabilitas skala diuji menggunakan rumus alpha cronbach. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel memiliki tingkat adversity quotient pada kategori kecenderungan tinggi (positif) sebesar 86,1\%. (2) Prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel berada pada kategori tinggi sebesar 61,1\%. (3) Terdapat hubungan positif antara adversity quotient dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel. (4) Hasil analisis korelasi menunjukkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,469 yang menunjukkan bahwa 46,9\% prestasi belajar matematika diakibatkan karena adversity quotient. Artinya, 53,1\% prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : adversity quotient, prestasi belajar matematika} }