%0 Thesis %9 S1 %A Margariska , Erlani %A Sekar Purbarini Kawuryan,M,Pd, %A Supartinah,M.Hum, %A M, Djauhar Siddiq M.Pd, %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9731 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K metode inkuiri discovery, prestasi belajar IPS, dan peserta didik kelas IVB. %T PENGARUH METODE INKUIRI DISCOVERY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA KELAS IV B SD NEGERI 2 LUGOSOBO GEBANG PURWOREJO %U http://eprints.uny.ac.id/9731/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri dicovery terhadap prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas IV B SD Negeri 2 Lugosobo Gebang Purworejo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV B berjumlah 19 orang yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa, lembar observasi kegiatan peserta didik dan lembar observasi pengamatan, serta lembar ulangan formatif untuk peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri discovery berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS kelas IVB. Data yang diperoleh dari 2 kali pertemuan dari kelas kontrol dengan hasil rata-rata pre test 61,57, post test 69,47. Pada kelas eksperimen dengan hasil rata-rata pre test 61,58 post test 81,71. Implementasi metode inkuiri discovery dengan langkah-langkah (1) peserta didik merumuskan masalah, (2) peserta didik menyusun hipotesis, (3) peserta didik mengumpulkan data, (4) peserta didik menguji hipotesis berdasarkan data yang telah dikumpulkan, (5) peserta didik menarik kesimpulkan. Implementasi inkuiri discovery berpengaruh positif kerhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran. Kata kunci: metode inkuiri discovery, prestasi belajar IPS, dan peserta didik kelas IVB.