%0 Thesis %9 S1 %A Evi Nur Eka, Purnamasari %A Vinta Angela Tiarani, M.Ed, %A Woro Sri Hastuti,M.Pd, %A Deni Hardianto,M.Pd, %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9730 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Pembelajaran IPA, Media Video Pembelajaran, Pemahaman Konsep %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAMANSARI DAN SD NEGERI 2 KARANGGUDE, KARANGLEWAS, BANYUMAS %U http://eprints.uny.ac.id/9730/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SD negeri 2 Tamansari dan SD Negeri 2 Karanggude. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai April tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tamansari yang berjumlah 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Karanggude yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dan validitas isi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, yaitu dengan penyajian data melalui tabel dan membandingkan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tamansari dan SD Negeri 2 Karanggude, Karanglewas, Banyumas. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil rata-rata post test yang berbeda dari 2 KD yaitu 65 dan 60,27 untuk kelompok kontrol, dan 80,34 dan 67,27 untuk kelompok eksperimen. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media video pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konsep pada kelas IV SD N 2 Tamansari dan SD N 2 Karanggude. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Media Video Pembelajaran, Pemahaman Konsep