@phdthesis{UNY9720, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI PANDEYAN YOGYAKARTA}, author = {Anggraeni Krisda Titis}, month = {July}, year = {2012}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, keywords = {Media Gambar, Pelajaran Matematika, Hasil Belajar.}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas I SD Negeri Pandeyan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi eksperimen. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Pandeyan Yogyakarta yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa dari 30 butir soal terdapat 25 butir soal yang valid dengan indeks reliabilitas sebesar 0,937. Teknik analisis data Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakan media gambar, hasil belajar siswa ada pengaruh signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil akhir belajar siswa pada kelompok eksperimen 84,48 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol 69,76. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan penggunaan media gambar dengan media sketsa. Kata kunci : Media Gambar, Pelajaran Matematika, Hasil Belajar.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9720/} }