TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/9713/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran artifak fisik yang ada di SD Negeri 4 Wates, (2) Gambaran budaya akademik di SD Negeri 4 Wates, (3) Gambaran budaya non-akedemik di SD Negeri 4 Wates, (4) Mengetahui Nilainilai utama apa saja yang berperan dalam pengembangan perilaku dan kebiasaan individu di SD Negeri 4 Wates, (5) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi sekolah sebagai Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional dalam mengembangkan budaya sekolah positif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Wates Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas, trasferabilitas, dependability dan konfirmabilitas. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa SD Negeri 4 Wates sebagai satu-satunya Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional di Kabupaten Kulon Progo sudah memiliki budaya sekolah yang positif. Adapun budaya yang utama di sekolah tersebut adalah budaya kedisiplinan, budaya berprestasi dan budaya hidup sehat. Di samping itu berbagai macam kebijakan sekolah melalui kegiatan sekolah cukup mendukung berkembangnya budaya tersebut. Interaksi dan komunikasi warga sekolah berjalan dengan cukup harmonis Kata kunci : kebijakan pendidikan, budaya sekolah, rintisan sekolah dasar bertaraf internasional A1 - Juni , Triwahyu TI - GAMBARAN BUDAYA SEKOLAH PADA RINTISAN SEKOLAH DASAR BERTARAF INTERNASIONAL DI SD NEGERI 4 WATES KULON PROGO PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA AV - public KW - kebijakan pendidikan KW - budaya sekolah KW - rintisan sekolah dasar bertaraf internasional ID - UNY9713 Y1 - 2012/07/23/ ER -