%K persepsi siswa, komunikasi interpersonal guru-siswa, motivasi belajar %A Jannah Tri Zahrotul %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang komunikasi interpersonal guru-siswa dengan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sokanegara II Purwokerto. Komunikasi interpersonal guru-siswa yang kurang baik dengan motivasi belajar yang rendah menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sokanegara II Purwokerto, dengan jumlah populasi 84 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala yang sebelumnya telah dilakukan uji coba skala untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Analisis korelasi product moment digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang sebelumnya telah dilakukan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu dengan menggunakan uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan besarnya koefisien korelasi yang terjadi antara persepsi siswa tentang komunikasi interpersonal guru-siswa dengan motivasi belajar dalam penelitian ini, diperoleh %L UNY9711 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SOKANEGARA II PURWOKERTO