@phdthesis{UNY9699, author = {Septiningsih AM. Dwi }, month = {July}, year = {2012}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI TENTANG PENGGUNAAN PETA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE CARRYMAP }, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9699/}, keywords = {media pembelajaran, peta interaktif, dan software CarryMap. }, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk: 1) Menghasilkan CD pembelajaran geografi tentang penggunaan peta interaktif menggunakan software CarryMap, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran geografi tentang penggunaan peta interaktif, berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru bidang studi geografi SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut model pengembangan Borg \& Gall (1983). Model penelitian ini meliputi sepuluh tahap, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan penelitian, 3) pengembangan produk awal, 4) uji lapangan terbatas, 5) revisi uji lapangan terbatas, 6) uji lapangan lebih luas, 7) revisi uji lapangan, 8) uji kelayakan, 9) revisi hasil uji kelayakan, 10) diseminasi dan sosialisasi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah 18 orang guru geografi SMA di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Jenis data yang diperoleh dalam pengumpulan data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan tinjauan dan masukan dari ahli materi, ahli media, dan guru bidang studi geografi SMA. Data kuantitatif yang diperoleh selanjutnya dicari skor rerata dan dikonversikan ke dalam data kualitatif dengan skala lima. Selanjutnya dilakukan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) CD pembelajaran geografi tentang penggunaan peta interaktif menggunakan software CarryMap, 2) media pembelajaran geografi tentang penggunaan peta interaktif menggunakan software CarryMap ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Terbukti ahli materi menilai Baik dengan rerata skor 3,8. Ahli media menilai sangat baik dengan rerata skor 4,5. Tiga orang guru geografi SMA menilai sangat baik dengan rerata skor 4,06 dalam uji coba perorangan. Uji coba kelompok kecil oleh lima orang guru geografi SMA menilai baik dengan rerata skor 3,84. Uji coba lapangan oleh sepuluh orang guru geografi SMA menilai sangat baik dengan rerata skor 4,42. Secara umum, media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : media pembelajaran, peta interaktif, dan software CarryMap. } }