%0 Thesis %9 S1 %A Natha Kosasi, Prabantantyo %A SUYUD, M.Pd, %A APRILIA TINA LIDYASARI, M.P d, %A HB. SUMARDI, M.Pd, %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9696 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K minat membaca, perpustakaan sekolah, prestasi belajar. %T KORELASI MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/9696/ %X Penelitian ini termasuk penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca di perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik dan diwujudkan dalam bentuk angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 600 anak. Objek penelitian ini adalah hubungan minat membaca di perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik area cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut terpilih 10 SD dengan sampel penelitian sebanyak 203 siswa. Metode pengumpulan data dari variabel minat membaca di perpustakaan sekolah adalah metode angket, sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan: (a) minat membaca di perpustakaan siswa kelas IV SD di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo dalam kategori tinggi dengan persentase 63,29%, (b) prestasi belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo dalam kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 71,3, (c) korelasi positif antara minat membaca di perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo pada taraf signifikasi 5% diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,702. Kata kunci: minat membaca, perpustakaan sekolah, prestasi belajar.