TY - THES AV - public KW - Prestasi Belajar KW - Ilmu Pengetahuan Sosial KW - Pendekatan Kontekstual KW - Siswa SD   TI - MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI DUKUH KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO ID - UNY9690 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/9690/ Y1 - 2012/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri Dukuh, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dukuh, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitiannya adalah meningkatkan presta si belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan pendekatan kontekstual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV di SD tersebut. Hal ini dapat dilihat dari analisis hasil setiap siklusnya. Nilai rata-rata kelas sudah mengalami peningkatan dan kriteria ketuntasan belajar juga sudah meningkat. Pada siklus I, nilai rata-rat a kelas sebesar 67,06. Jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 47,06%. Pada si klus II, nilai rata-rata kelas sudah mencapai 76,47. Jumlah siswa yang sudah tuntas belajar mencapai 76,47%. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata -rata kelas sebesar 9,41. Sedangkan untuk jumlah siswa yang tuntas, mengalami peningkatan sebesar 29,41%. Berdasarkan kriteria keberhasilan pada penelitian ini, pembelajaran pada siklus II sudah dikatakan tuntas. Hal ini dikarenakan sudah ada 13 siswa yang mendapatkan nilai ketuntasan. Kata kunci: Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendekatan Kontekstual, Siswa SD   A1 - Wahyu , Sudibyo PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ER -