%0 Thesis %9 S1 %A Gulinda , Binasih %A Peter Sarjiman, M.Pd., %A Aprilia Tina Lidyasari, M.Pd., %A Edi Prajitno, M.Pd., %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9683 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K kecerdasan emosi, hasil belajar matematika, materi pecahan %T HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI DONAN 5 KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP %U http://eprints.uny.ac.id/9683/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar matermatika materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri Donan 5, kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Donan 5, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap yang berjumlah 52 siswa. Cara pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variabel kecerdasan emosi dan dokumentasi untuk memperoleh da ta nilai ulangan harian matematika pada materi pecahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecerdasan emosi yang sebelumnya tela h dilakukan uji coba. Instrumen angket diujicobakan terhadap 41 siswa, dengan hasil 25 butir valid dari 30 butir soal yang digunakan. Butir soal tersebut dinyatakan valid jika r xy > rtabel pada taraf signifikan 5% nilai rtabel yaitu 0,308. Untuk butir soal yang valid nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,308) dan untuk butir soal yang tidak valid nilai r hitung lebih kecil dari r tabel (0,308). Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Dari hasil perhitungan dengan mengguna kan rumus maka diperoleh hasil r hitung 0,660. Hasil perhitungan tersebut lebih besar dari nilai r tabel 0,279 (r hitung 0,660 > rtabel 0,279). Hal ini berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar matematika kelas IV pada materi pecahan di SD Negeri Donan 5, kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci : kecerdasan emosi, hasil belajar matematika, materi pecahan