%L UNY9671 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP DI KELOMPOK A1 TKIT AR-RAHMAH BANTUL %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode bercakap-cakap di kelompok A1 TKIT Ar-Rahmah tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Inti siklus I berupa kegiatan monolog dan dialog dengan media gambar. Inti siklus II berupa perbaikan media yang digunakan dan perbaikan pelaksanaan pembelajraan. Tindakan yang dilakukan berupa pembelajaran dengan menggunakan metode bercakap-cakap. Metode bercakap-cakap yang diterapkan pada siklus I dan II yaitu berupa kegiatan dialog dan monolog. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode bercakap-cakap. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan siswa menyatakan kata meningkat dari 33% menjadi 92%. Siswa sudah merespon secara lisan dengan menjawab dan mengucapkan dengan benar tiga kata sesuai dengan tiga gambar, persentase meningkat dari 42% menjadi 92%. Siswa sudah lancar berbicara dengan mengucapkan kalimat yang terdiri dari 6-8 kata, persentase meningkat dari 29% menjadi 88%. Siswa sudah aktif berbicara dengan mengucapkan kalimat yang terdiri dari 6-8 kata, persentase meningkat dari 29% menjadi 88%. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode bercakap-cakap, TKIT Ar-Rahmah. %A Nurjanah Umi