TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/9651/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses observasi IPA siswa kelas V SD Negeri Kedungsari 2 Magelang. Keterampilan proses observasi meningkat saat dilakukan pembelajaran menggunakan metode belajar eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peneliti bekerjasama dengan guru kelas V sebagai pelaksana tindakan di SD Negeri Kedungsari 2 Magelang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kedungsari 2 Magelang yang berjumlah 33 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil keterampilan proses observasi siswa sebagai data primer dan data observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data menggunakan (1) lembar penilainan psikomotor, (2) dokumen lembar kerja siswa, dan (3) pengamatan saat dilakukan pembelajaran menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses observasi IPA siswa kelas V di SD Negeri Kedungsari 2 Magelang. Peningkatan keterampilan proses observasi IPA siswa terjadi setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian, aspek aspek keterampilan proses observasi yang dicapai siswa pada siklus pertama 67% Siswa yang berada pada skala nilai diatas sama dengan 3 dan meningkat menjadi 97% pada siklus ke dua. Dengan demikian pembelajaran siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus 1. Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen ini telah membantu siswa dalam menguasai keterampilan proses observasi. Kata kunci : Metode Eksperimen, keterampilan proses observasi, IPA. M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES OBSERVASI MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KEDUNGSARI 2 MAGELANG PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Setyawan, Dwi AV - public ID - UNY9651 Y1 - 2012/11/30/ ER -