%I UNY %A Ardiyani Fitri %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah implementasi metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan pencapaian kompetensi bekerja dalam satu tim pada siswa SMK Negeri 1 Pandak dengan melihat bagaimana: 1. implementasi metode pembelajaran snowball throwing, 2. aktivitas belajar siswa, 3. pencapaian kompetensi bekerja dalam satu tim. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan – tindakan dan observasi – refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes pilihan ganda. Uji validitas berdasarkan judgment expert dengan dosen yang ahli di bidang materi dan metode. Uji reliabilitas menggunakan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan pencapaian kompetensi bekerja dalam satu tim pada siswa SMK Negeri 1 Pandak, dengan data: 1. implementasi metode pembelajaran dapat terlaksana dengan sangat baik. 2. aktivitas siswa masuk dalam kategori aktivitas tinggi 3. pencapaian kompetensi bekerja dalam satu tim sebanyak 32 siswa (100%) sudah memenuhi KKM. Penggunaan metode snowball throwing dapat diterapkan pada mata pelajaran pelayanan prima dan dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa. %T IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI BEKERJA DALAM SATU TIM PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANDAK %D 2012 %L UNY9631