TY - THES A1 - Mizan Ibnu , Khajar PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Magelang tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 105 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda dua prediktor pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh positif dengan signifikan rendah antara pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Elektronika SMK Negeri 1 Magelang dengan nilai relasi antar anggota keluarga mempunyai pengaruh yang paling tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien R= 0,369, koefisien determinan (r2) sebesar 0,136 atau sebesar 13,6%, Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,369>0,19) dan ditunjukan dengan persamaan Y = 78,217 + 0,007 X. Y1 - 2012/12// UR - http://eprints.uny.ac.id/9607/ ID - UNY9607 M1 - skripsi AV - public TI - PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA SMK N 1 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 ER -