%0 Thesis %9 S1 %A Yuni , Ratnawati %A Setya Raharja, M.Pd., %A Sutiman, M.Pd., %A Dr. Suparno, M.Pd., %A Sudiyono, M.Pd., %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:9569 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Kompetensi Pedagogik;Kompetensi Guru;Guru Sekolah Dasar %T KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/9569/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru SD se Kecamatan Kretek yang mencakup: (1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan oleh guru, (2) pemahaman terhadap peserta didik oleh guru, (3) pengembangan kurikulum dan silabus oleh guru, (4) perancangan atau perencanaan pembelajaran oleh guru, (5) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (6) evaluasi hasil belajar, (7) pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan (8) pengembangan peserta didik oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi 158 guru .pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan diperoleh hasil 77 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk mengetahui reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik guru SD se Kecamatan Kretek termasuk dalam kategori tinggi. Secara lebih rinci mengenai masing-masing sub kompetensi pedagogik guru tersebut sebagai berikut. (1) Guru dalam memahami wawasan atau landasan kependidikan termasuk kategori tinggi dengan persentase 61,64%. (2) Guru dalam memahami peserta didik termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,16%. (3) Guru dalam mengembangkan kurikulum dan silabus termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,83%. (4) Guru dalam merancanakan pembelajaran termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,23%. (5) Guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis termasuk kategori tinggi dengan persentase 68,17%. (6) Guru dalam mengevaluasi hasil belajar termasuk kategori tinggi dengan persentase 68,36%. (7) Guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran termasuk kategori tinggi dengan persentase 68,70%. (8) Guru dalam mengembangkan peserta didik termasuk kategori tinggi dengan persentase 69,52%. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik;Kompetensi Guru;Guru Sekolah Dasar