@phdthesis{UNY9559, author = {CARMIYATI CARMIYATI}, title = {DESKRIPSI TENTANG KEMAMPUAN ANAK TUNAGRAHITA TIPE SEDANG DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PERTANIAN DI SLB BAKTI PUTRA NGAWIS KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA}, month = {August}, year = {2012}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, keywords = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan anak tunagrahita tipe sedang dalam pembelajaran keterampilan pertanian menanam cabai di SLB Bakti Putra Ngawis KarangmojoGunungkidul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini anak tunagrahita tipe sedang kelas IV di SLB Bakti Putra Ngawis Gunungkidul, berjumlah 3 orang yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode wawancara. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh EP 90\%. EP mampu: memilih tanah yang baik, menakar tanah dan pupuk kandang sesuai takaran, mencampurnya, memasukkannya ke dalam polibag, memilih benih yang baik, melakukan penyiraman secara rutin, memindahkan benih yang sudah tumbuh di polibag ke dalam kaleng plastik bekas/pot, menyiangi rumput, menggemburkan tanah, melakukan pemupukkan, dalam pengendalian hama masih memerlukan bantuan. SR memperoleh 71,67\%. SR mampu: memilih tanah yang baik, menakar tanah dan pupuk kandang sesuai takaran, mencampurnya, memasukkannya ke dalam polibag masih memerlukan bantuan,mampu memilih benih yang baik, tetapi dalam menyemaikan dan memindahkannya masih memerlukan bantuan, mampu menyiangi rumput, dalam menggemburkan tanah, pemupukan dan pengendalian hama masih memerlukan bantuan. AD memperoleh 95\%. AD mampu melaksanakan semua kegiatan namun dalam pengendalian hama masih memerlukan bantuan. Kata kunci : keterampilan pertanian, anak tunagrahita tipe sedang}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan anak tunagrahita tipe sedang dalam pembelajaran keterampilan pertanian menanam cabai di SLB Bakti Putra Ngawis KarangmojoGunungkidul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini anak tunagrahita tipe sedang kelas IV di SLB Bakti Putra Ngawis Gunungkidul, berjumlah 3 orang yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode wawancara. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh EP 90\%. EP mampu: memilih tanah yang baik, menakar tanah dan pupuk kandang sesuai takaran, mencampurnya, memasukkannya ke dalam polibag, memilih benih yang baik, melakukan penyiraman secara rutin, memindahkan benih yang sudah tumbuh di polibag ke dalam kaleng plastik bekas/pot, menyiangi rumput, menggemburkan tanah, melakukan pemupukkan, dalam pengendalian hama masih memerlukan bantuan. SR memperoleh 71,67\%. SR mampu: memilih tanah yang baik, menakar tanah dan pupuk kandang sesuai takaran, mencampurnya, memasukkannya ke dalam polibag masih memerlukan bantuan,mampu memilih benih yang baik, tetapi dalam menyemaikan dan memindahkannya masih memerlukan bantuan, mampu menyiangi rumput, dalam menggemburkan tanah, pemupukan dan pengendalian hama masih memerlukan bantuan. AD memperoleh 95\%. AD mampu melaksanakan semua kegiatan namun dalam pengendalian hama masih memerlukan bantuan. Kata kunci : keterampilan pertanian, anak tunagrahita tipe sedang}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9559/} }