@phdthesis{UNY9548, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, month = {August}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X SMALB DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA}, author = {Surasa Surasa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9548/}, keywords = {kemampuan, operasi penjumlahan, pendekatan realistik}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan bilangan cacah melalui pendekatan realistik bagi anak tunagrahita ringan kelas X SMALB di SLB PGRI Minggir Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMALB di SLB PGRI Minggir Sleman Yogyakarta sebanyak 2 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan reaslitik dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan pada anak tunagrahita ringan kelas X SMALB di SLB PGRI Minggir Sleman Yogyakarta. Kemampuan mengerjakan soal operasi penjumlahan pada siklus I, subjek UC pada tes tertulis memperoleh nilai 60 dan praktek berbelanja nilai 60, maka nilai rata-rata adalah 60. Kemampuan subjek KH pada soal tertulis memperoleh nilai 50 dan pada praktek berbelanja nilai 50, maka nilai ratat-rata 50. Kemampuan mengerjakan soal operasi penjumlahan pada siklus II, subjek UC pada tes tertulis nilai 100 dan praktek berbelanja nilai 80, maka nilai rata-rata 90. Kemampuan subjek KH pada soal tertulis nilai 80 dan pada praktek berbelanja nilai 80, maka nila rata-rata 80. Kata kunci: kemampuan, operasi penjumlahan, pendekatan realistik} }