@phdthesis{UNY9525, month = {August}, author = {WIBOWO TRIONGGO PRIYO }, title = {WUJUD SARANA RETORIKA PADA PUISI-PUISI ANAK DI HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI HARI MINGGU BULAN JANUARI ? MARET 2012}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, keywords = {Sarana Retorika, Puisi-Puisi Anak}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan wujud-wujud penggunaan sarana retorika dan (2) mendeskripsikan fungsi sarana retorika pada Puisi-Puisi Anak di Harian Kedaulatan Rakyat edisi Minggu bulan Januari ? Maret 2012. Sumber data penelitian ini meliputi subjek dan objek. Subjek dalam penelitian ini adalah Puisi-Puisi Anak yang terbit di Harian Kedaulatan Rakyat edisi Minggu bulan Januari ? Maret 2012. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah wujud dan fungsi sarana retorika pada Puisi-Puisi Anak yang terbit di Harian Kedaulatan Rakyat edisi Minggu bulan Januari ? Maret 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pembacaan dan pencatatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif melalui kategorisasi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri, dengan bekal pengetahuan tentang sarana retorika. Untuk mencapai data yang valid dalam penelitian ini, digunakan validitas semantis. Artinya peneliti melakukan pembacaan dan penganalisisan terhadap sumber data secara berulang-ulang sampai ditemukan kepastian dan kemantapan. Reliabilitas data yang digunakan adalah intraratter dan interratter. Hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut: Pertama, wujud sarana retorika yang diketemukan yaitu (a) pemajasan berupa majas hiperbola, personifikasi, metafora, paradoks, simile; (b) penyiasatan struktur kalimat berupa gaya bahasa repetisi, paralelisme, klimaks, antiklimaks; (c) pencitraan berupa citraan gerak, citraan penglihatan, citraan perasaan, citraan pendengaran, citraan penciuman, citraan perabaan, dan citraan pencecapan. Kedua, fungsi penggunaan sarana retorika yang telah diketemukan dari masing-masing unsur tersebut memiliki banyak kesamaan yaitu (a) menghidupkan gambaran secara nyata, (b) mengkonkretkan sesuatu yang abstrak, (c) memunculkan suasana agar lebih ekspresif, (d) menjadikan kata-kata lebih puitis dan estetis, (e) memberi penekanan pada suatu hal, dan (f) memadatkan makna. Kata kunci : Sarana Retorika, Puisi-Puisi Anak.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/9525/} }