eprintid: 9523
rev_number: 13
eprint_status: archive
userid: 3
dir: disk0/00/00/95/23
datestamp: 2013-01-22 03:24:28
lastmod: 2019-01-29 18:10:06
status_changed: 2013-01-22 03:24:28
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Tria , Rafika
corp_creators: WIEN PUDJI PRIYANTO DP, M.Pd.
corp_creators: ENDANG SUTIYATI, M.Hum.
corp_creators: HERLINAH, M.Hum.
corp_creators: SUMARYADI, M.Pd.
title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG
ispublished: pub
subjects: art_senitari
subjects: perpus
divisions: fbs_pend_seni_tari
divisions: upt_perpus
full_text_status: public
keywords: Peningkatan keterampilan menari, Metode pembelajaran kooperatif, Teknik Think Pair Share
abstract: Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan
keterampilan menari peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sawangan Kabupaten
Magelang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS).
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2012.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Sawangan
Kabupaten Magelang yang berjumlah 31 orang, terdiri atas 16 orang peserta didik
putri dan 15 orang peserta didik putra. Penelitian ini menerapkan metode pembelajaran
kooperatif tipe TPS yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4
tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi.
Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Teknik analisis
data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran
seni tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan.
Hasil penelitian ini sebagai berikut,a) Keterampilan menari peserta didik yang
dilihat dari aspek wiraga, wirama, dan wirasa meningkat dari siklus I ke siklus II,
yang ditandai dengan adanya peningkatan skor rata-rata yang diperoleh dari tes
praktek pada akhir siklus, yaitu aspek wiraga sebesar 0,35, aspek wirama sebesar
0,36, dan aspek wirasa sebesar 0,32,b) Melalui pengamatan dari sebelum pelaksanaan
tindakan sampai setelah pelaksanaan tindakan,kemandirian belajar peserta didik
meningkat, yang dapat dilihat dari berkurangnya kebergantungan peserta didik
terhadap guru dan mau belajar bersama teman, baik di dalam maupun di luar kelas.
Peneliti juga mengadakan wawancara dengan guru dan beberapa peserta didik tentang
penggunaan metode TPS dalam pembelajaran seni tari, dengan temuan bahwa metode
TPS dapat meningkatkan keterampilan menari peserta didik.
Kata kunci: Peningkatan keterampilan menari, Metode pembelajaran kooperatif, Teknik Think Pair Share
date: 2012-10
date_type: published
institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
department: FAKULTAS BAHASA DAN SENI
thesis_type: skripsi
citation:   Tria , Rafika  (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG.  S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/9523/1/1-08209241004.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/9523/2/bab%201-08209241004.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/9523/3/bab%202-08209241004.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/9523/4/bab%205-08209241004.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/9523/5/lampiran-08209241004.pdf