%0 Thesis
%9 S1
%A Tria , Rafika
%A WIEN PUDJI PRIYANTO DP, M.Pd.,
%A ENDANG SUTIYATI, M.Hum.,
%A HERLINAH, M.Hum.,
%A SUMARYADI, M.Pd.,
%B FAKULTAS BAHASA DAN SENI
%D 2012
%F UNY:9523
%I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
%K Peningkatan keterampilan menari, Metode pembelajaran kooperatif, Teknik Think Pair Share
%T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG
%U http://eprints.uny.ac.id/9523/
%X Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan  keterampilan menari peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sawangan Kabupaten  Magelang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair  Share (TPS).  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2012.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Sawangan  Kabupaten Magelang yang berjumlah 31 orang, terdiri atas 16 orang peserta didik  putri dan 15 orang peserta didik putra. Penelitian ini menerapkan metode pembelajaran  kooperatif tipe TPS yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4  tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi.  Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Teknik analisis  data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran  seni tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan.  Hasil penelitian ini sebagai berikut,a) Keterampilan menari peserta didik yang  dilihat dari aspek wiraga, wirama, dan wirasa meningkat dari siklus I ke siklus II,  yang ditandai dengan adanya peningkatan skor rata-rata yang diperoleh dari tes  praktek pada akhir siklus, yaitu aspek wiraga sebesar 0,35, aspek wirama sebesar  0,36, dan aspek wirasa sebesar 0,32,b) Melalui pengamatan dari sebelum pelaksanaan  tindakan sampai setelah pelaksanaan tindakan,kemandirian belajar peserta didik  meningkat, yang dapat dilihat dari berkurangnya kebergantungan peserta didik  terhadap guru dan mau belajar bersama teman, baik di dalam maupun di luar kelas.  Peneliti juga mengadakan wawancara dengan guru dan beberapa peserta didik tentang  penggunaan metode TPS dalam pembelajaran seni tari, dengan temuan bahwa metode  TPS dapat meningkatkan keterampilan menari peserta didik.  Kata kunci: Peningkatan keterampilan menari, Metode pembelajaran kooperatif, Teknik Think Pair Share