TY - THES A1 - Ramdan , Fauzi PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Y1 - 2012/09/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar dengan pendekatan matematika realistik kelas 5 SD Negeri Keputran IV Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Keputran IV Yogyakarta sebanyak 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan hasil tes belajar. Data hasil penelitian tentang materi bangun datar dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri Keputran IV Yogyakarta. Pada saat observasi pembelajaran materi sifat-sifat bangun datar menunjukkan nilai rata-rata kelas diperoleh 45,6. Pada siklus I, diberikan tindakan dengan pendekatan matematika realistik dipadukan dengan metode kerja kelompok pada materi sifatsifat bangun datar (segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjang, lingkaran), sehingga nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68. Pada siklus II, diberikan tindakan dengan pendekatan matematika realistik dipadukan dengan metode kerja kelompok dan penghargaan pada materi sifat-sifat bangun datar (belah ketupat, layang-layang, dan menggambar bangun datar), sehingga nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,2. Kata kunci : prestasi belajar matematika, sifat-sifat bangun datar, dan pendekatan matematika realistik. UR - http://eprints.uny.ac.id/9501/ M1 - skripsi ID - UNY9501 TI - MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS 5 SD NEGERI KAPUTRAN IV YOGYAKARTA AV - public KW - prestasi belajar matematika KW - sifat-sifat bangun datar KW - dan pendekatan matematika realistik. ER -